JURNAL KARAT # 124, 8 Juni 2012, KIMUNG & JIMBOT WITH TIME BOMB BLUES

Posted: August 14, 2012 in Uncategorized
Tags:

 

Oleh Jon 666

5 Juni, Selasa,

Latihan pertama dengan Time Bomb Blues. Awalnya saya akan mengajak Yuki dalam proyek panggung ini, tapi saya kira Jimbot yang lebih pas sebagai partner saya di Dumb Brother, tentunya selain di Karinding Attack juga.

Sampai di Studio Ruang Putih, Mang Abuy dari Time Bomb Blues menyambut kami dengan hangat. Kami berbincang banyak hal mengenai dinamika musik bawahtanah Bandung. Saya sangat menghormati mereka dan saya sangat bangga bisa terlibat di panggung reunion band idola saya ini. Terbayang dulu jaman SMP, SMA, dan kuliah ketika saya mengejar panggung-panggung Time Bomb Blues dan sekarang saya satu panggung dengan mereka. Bagi Karinding Attack dan ranah musik karinding secara umum, ini tentu saja pengakuan dari musisi senior bagi dinamika musik karinding yang kami kembangkan. Rahayu mangs sadaya!

Latihan lancar, kami memainkan tiga lagu, “Mungkin” dari Time Bomb Blues, “Hey Joe” dari Jimi Hendris, dan “Backstreet Girl” dari Rolling Stones. Selain saya dan Jimbot dari Karinding Attack, ikut mendukung konser ini adalah Rekti The S.I.G.I.T, Ammy 4Peiti, Ully Time Bomb, Hari Pochank dari Blues Libre, dan Gugun Blues Shelter. Hajar!

 

7 Juni

Latihan ke dua bersama Time Bomb Blues. Kami semakin lebur di sesi ini dan latihan akan dilanjut keesokan harinya sambil cek tata suara sebelum konser. Usai latihan, saya, Jimbot, dan Hari Pochank jam session membawakan lagu “Milik Kita” dari Paperback. Bangga sekali bisa main dengan maestro harmonika ini. Rahayu!

 

8 Juni

Saya dan Jimbot mendukung konser reuni Time Bomb Blues. Benar-benar sebuah konser yang fenomenal setelah mereka vakum hampir Sembilan tahun. Sebuah kebanggan tentu saja bermian bersama legenda blues Bandung. Saya ingat betul dulu ketika SMA dan kuliah nonton Time Bomb Blues di klub-klub dalam acara Rolling Stone night atau The Doors night. Mata dan telinga saya waktu itu tak pernah bisa lepas sedetik pun dari mereka ketika Time Bomb Blues tampil di atas panggung.

Dan Time Bomb Blues memang berbeda dengan band-band blues pada umumnya. Jika kita menonton konser Time Bomb Blues kita serasa menjadi bagian dari pertunjukan band ini saking akrabnya Time Bomb Blues dengan para audiensnya. Dari panggung-panggung itu juga akar dan rasa musikalitas saya, terutama yang berkaitan dengan blues, rock n’ roll, rock, dan heavy metal semakin terasah. Sosok Budi Arab terutama adalah sosok yang paling saya kagumi di Time Bomb Blues. Permianan gitarya yang massif namun apik terus terngiang dan terbayang dalam pikiran saya.

Sambil menunggu konser, saya Jimbot, dan Hendra berbincang dengan Rekti. The S.I.G.I.T kini sedang menggarap album baru dan Rekti berhasrat memasukkan beberapa instrument lain di beberapa lagu di album baru mereka. Ia mengungkapkan bahwa ia sudah membayangkan karinding yang mengisi beberapa bagian di lagu-lagu tersebut. Ia lalu membagi dua lagu di materi untuk album barunya. Sangat keren! The S.I.G.I.T banyak bermain dalam pola permainan yang lebih akploratif dengan tipikal aransemen yang kolasif. Banyak sekali pola-pola yang terdengar berbeda satu sama lainnya namun berhasil dipadukan dalam satu benang merah yang sangat apik. Posisi karinidng dan instrument bawaan Karinidng Attack bisa diposisikan sebagai jembatan antar pola dalam lagu. Juga sebagai pembawa nuansa lain yang sudah dibangun dalam lagu. Rekti bilang kita semua bisa bersiap jika vokal sudah selesai digarap di studio. Mari hajar bro!

Panggung bersama Time Bomb Blues berlangsung dengan lancar walau “Backstreet Girl” tak jadi dimainkan karena keterbatasan waktu. Di sesi lagu “Hey Joe”, Gugun ikut bergabung bermain melodi gitar. Awesome!

 

10 Playlist Jon 666 : Tarawangsa, The Beatles, Eddie Vedder, Time Bomb Blues, Jimi Hendrix, Rolling Stones, The S.I.G.I.T, Gugun Bles Shelter, Janis Joplin, Pearl Jam

Books : Al Qur’an al Karim, Memoar Melawan Lupa

Movies :

Quotes :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

