JURNAL KARAT # 120, 11 Mei 2012, KARAT SAHABAT NEW PETERPAN

Posted: August 14, 2012 in Uncategorized
Tags:

JURNAL KARAT # 120, 11 Mei 2012, KARAT SAHABAT NEW PETERPAN

Oleh Jon 666

8 Mei, Selasa, Shoot “Sahabat”

Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Hari ini Karat dijadwalkan untuk melakukan syuting lagu “Sahabat” bersama New Peterpan. Untuk refresh, syuting ini adalah keinginan Ariel dan New Peterpan yang lain. Dalam perbincangan bersama Ariel beberapa minggu sebelum hari ini, ia menegaskan jika ia sangat ingin merilis singel “Sahabat” sebagai singel ke dua New Peterpan di album Suara Lainnya, setelah lagu “Di Atas Normal”. Sayang, biaya promosi yang dikeluarkan oleh Musika, label di mana New Peterpan bernaung, untuk album Suara Lainnya sangatlah minim. Mereka hanya menyediakan biaya promo klip untuk lagu “Cobalah Mengerti”.

Karena itulah Ariel memutuskan bergerilya menggarap klip untuk “Sahabat”. Dua minggu sebelumnya. New Peterpan sudah merilis “Di Atas Normal” dengan klip sampul album Suara Lainnya sebagai upaya pengenalan album tersebut. Ini dilakukan karena di album ini sama sekali tak tercantum nama Peterpan atau New Peterpan, hanya tercantum nama Ariel – Uki – Lukman – Reza – David saja disertai grafis foto lima pemuda yang mengelilingi sebuah piano. Fotonya pun diambil dari atas sehingga cenderung tidak jelas. Satu-satunya yang menegaskan bahwa album ini adalah album New Peterpan, adalah logo dulu khas Peterpan.

Di klip lagu “sahabat” Ariel berpikir untuk menampilkan instrumen yang dimainkan oleh Karinding Attack dalam lagu ini. Yang pertama, saat ini rasa nasionalisme Ariel dan kebanggaannya akan Indonesia sedang memnucak dan ia sangat bangga dengan projek penggarapan lagunya bersama Karat yang notabene musik nusantara. Ia ingin memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki musik dan instrumen yang hebat dan asyik untuk dimainkan. Yang ke dua, sejak awal ia ingin menepis kecenderungan orang untuk salah menilai suara yang berada di lagu “Sahabat” sebagai sampling. Dengan memperlihatkan instrumen dan teknik memainkannya di klip, ia beharap orang akan semakin sadar akan kekayaan musik nusantara dan keberadaan instrumen-instrumen luar biasa ini. Kengototan Ariel ini tentu saja akan berimbas sangat positif, baik bagi Peterpan, pun juga bagi karinding yang akan dikenal semakin luas.

Maka pagi menjelang siang itu seluruh personil New Peterpan dan Karinding Attack berkumpul di Studio Masterplan dan melakukan pengambilan gambar bersama. Konsepnya adalah briefing dan rekaman lagu “Sahabat”. Pengambilan gambar dilakukan oleh dua clipmaker yang sebelumnya mendokumentasikan rangkaian acara Tribute to Peterpan, Dody dan Miftah. Dua sineas muda ini bekerja dengan sangat efektif sehingga pengambilan gambar berlangsung dengan cepat, hanya tiga kali take dan selesailah sudah.

Bismillah, semoga semua berkah, amiin ^^

 

10 Playlist Jon 666 : Tarawangsa, The Beatles, Eddie Vedder, Peterpan, Sarasvati, The S.I.G.I.T, Rock n Roll Mafia, John Lennon, ABBA, Jefferson Airplane  

Books : Al Qur’an al Karim, Memoar Melawan Lupa, Jurnal Karat

Movies : Maksim The Piano Player

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s