JURNAL KARAT # 68, 13 MEI 2011, FRIDAY THE 13TH!!! FLAVA VS EGA TROPPEN, “THREE DAYS” PAPERBACK, KARAT ROAD TO MASSIVE RECORDING

Posted: August 17, 2011 in Uncategorized
Tags:

JURNAL KARAT # 68, 13 MEI 2011, FRIDAY THE 13TH!!! FLAVA VS EGA TROPPEN, “THREE DAYS” PAPERBACK, KARAT ROAD TO MASSIVE RECORDING

Sabtu, 7 Mei, Rapat Bandung Berisik V

Rapat Bandung Berisik V. Stand sudah ditentukan untuk pameran sejarah Ujungberung Rebels dan Bandung Berisik V. Stand karinding dan kesenian tradisional lain bersatu dengan stand Ujungberung Rebels.

Minggu, 8 Mei, Hearing Session Venomous Burgerkill

Sesi kumpul-kumpul Burgerkill dengan Begundal Hell Club serta kawan-kawan dekat. Ini adalah sesi pemanasan Burgerkill sebelum pre-launch album terbaru mereka, Venomous, dan pelucurannya Juli nanti. Kita bisa mendengar langsung dari para personil dan produser legendaris, Yayat Ahdiat mengenai proses penggarapan album ini. Kita juga bisa melihat bagaimana detil rekaman melalui potongan film dokumenter Venomous.

Selamat buat keluarga besar Burgerkill Homemelss Crew! Hajar terus jalanan!

Senin, 9 Mei, Flava vs. DJ Ega Troppen Part 1 & “Three Days” Paperback

Flava latihan, kini dikondisikan berlatih di studio Common Room, lantai atas, sebelah kantor. Namun latihan di sini kurang nyaman karena sempit. Untuk personil maksimal enam orang, tempat ini akan jadi tempat yang sangat nyaman. Namun Flava tetap semangat karena hari itu mereka akan mencoba bekolaborasi dengan Ega Europe in de Troppen dalam lagu “Lets dance – Chaiyya Chaiyya”. Awalnya Flava akan berkolaborasi dengan Angkuy Bottle Smoker, namun karena kesibukannya, pilihan kemudian jatuh ke Ega. Sesi ini Ega hanya mendengarkan aransemen “Lets dance – Chaiyya Chaiyya” untuk ia aransemen pola music elektronik yang nanti akan diisi Flava.

Sorenya, giliran Paperback yang berlatih. Dua lagu ciptaan dilatihkan dan semakin hari semakin baik. Vokal Zemo juga semakin menemukan bentuknya walau nuansa murung masih terus menyelimuti tekanan vokal yang ia nyanyikan. “Piquette” sudah semain fiks di sesi waditra tradisional, pun dengan “Jalur Kiri Pasar Baru” yang tinggal disempurnakan saja lirik dan aransemen vokalnya. Paperback lalu bereksperimen dengan dua lagu baru—yang pertama melodi Turki aransemen ritem gitar oleh David sementara melodi diisi Ayi. Yang kedua lagu ciptaan Ayi, bertempo lambat, penuh dengan petikan. Di dua lagu itu, Kimung bereksperimen memainkan kendang dan celempung renteng. Gudd vibe mamenos!

Selasa, 10 Mei, Road to Massive Recording Part 1

Sesi latihan Karat di Common Room. Man dan Okid tak ikut latihan karena masih saja dirongrong oleh arogansi Prapatan Rebels—semoga oknum-oknum Prapatan Rebels secepatnya insyaf sehigga tak menyebarkan getah-getah busuk ke ranah musickini dan juga ranah pergaulan masyarakat yang lebih luas. Polisi juga semoga lebih jernih melihat masalah ini, tidak asal tekan, tidak asal fitnah, tidak asal menyebut orang lain munafik, tidak melihat kasus ini semata-mata dalam kaca mata rupiah karena ada yang lebih krusial dari sejumlah kecil rupiah. Saya kira tak harus saya sebut poin per poin karena saya yakin polisi juga adalah mahluk-mahluk yang pintar. Saya hanya minta jangan tumpulkan kepintaran itu hanya karena anda memutuskan untuk mengenakan kaca mata berwarna hijau yang semakin lama anda pakai akan semakin menyesatkan, membutakan, membodohkan. Get it off man!

Jadi Karat berlatih minus Man dan Okid. Padahal sesi ini adalah sesi yang penting untuk dilalui karena merupakan sesi awal masuk rekaman. Kimung sudah mengundang Inu yang malam itu datang bersama Uwox untuk melakukan workshop kecil mengenai permainan karinding. Dua pihak kemudian saling duduk dan bicara mengenai kira-kira teknis rekaman. Inu banyak mengumpulkan informasi menenai apa yang diingikan Karat di sesi rekaman nanti yang dijawab oleh Karat sejauh yang mereka harapkan. Inu juga mengukur frekwensi nada celempung dan dari sana ia menentukan posisi mikrofon yang tepat agar semua nada bisa terekam dengan baik nantinya. Untuks esi percobaan, Inu mengajak Karat untuk sesi rekaman di Studio Massive. Gratis, satu shift! Rekaman pun ditentukan hari Kamis tanggal 19 Mei 2011. Bismillah, semoga semua lancar! Amiin!

Kamis, 12 Mei, Wawancara Kimung oleh Mahasiswa Antropologi Unpad, tentang Karat

Malam yang cerah. Di pekarangan rumah Kimung berkumpul anak-anak BOH—Viki, Aki, Alan, dan Badilz—serta tiga orang mahasiswa Jurusan Antropoligi Fisip Unpad, Rama dan dua kawannya mewawancara Kimung. Ini adalah wawancara ke sekian kali Kimung dengan para mahasiswa untuk tujuan tugas atau skripsi membahas masalah yang sama. Padahal semua jawaban pertanyaan sudah termuat semua di blog www.jurnalkarat.wordpress.com. Mungkin untuk memperkuat pemahaman mereka maka masih dibutuhkan sesi wawancara selain juga studi literatur.

Yang jelas wawancara ini menambah daftar panjang riset-riset akademis mengenai kamusik karinding dan juga Karinding Attack. Hajar!

Jumat, 13 Mei, Flava vs. DJ Ega Troppen Part 2

Latihan kolaborasi Flava vs. DJ Ega Troppen berjalan lancar! Setelah bersama-sama mengepaskan hitungan, semua berjalan dengan lancar. Widya yang ebrmian renteng sebagai waditra pamanceg memgang peran kuci dalam menciptakanjalur permainan musik bagi para pemain yang lain.

Ini sangat menjanjikan dan Flava siap tampil esok hari. hajar Flava! Aku sangat bangga pada kalian!

Minggu ini proses editing buku Jurnal Karat selesai. Karena Kimung masih belum merasa sreg dengan isi dan berbagai hal lain dalam Jurnal karat sebagai buku, ia masih akan membaca ulang hasil edit sambil menambahkankan atau mengurangi beberapa data ke dalam naskah buku.

We can work it out baby!

10 PLAYLISTS : Tarawangsa, Burgerkill, The Beatles, Nine Inch Nails, Red Hot Chili Peppers, Lady Gaga, Christina Aguilera, Jewel, Carcass, Entombed, Dismember

BOOK : Sang Fotografer by Didier Lefevre, Emmanuel Guibert, dan Frederick Lemercier

MOVIES : The Reaping, Jeepers Creepers

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s