JURNAL KARAT # 21, 18 JUNI 2010, SOMEWHERE IN THE PRIVATE MIND…

Posted: June 19, 2010 in Uncategorized
Tags:

JURNAL KARAT # 21, 18 JUNI 2010, SOMEWHERE IN THE PRIVATE MIND…

Asuhan Jon 666

12 Juni

Akhirnya saya menerima juga penggalan sinopsis klip Hampura Ma II. Ini nih kiriman dari Mr Jek Cs. Ini adalah lirik Hampura Ma II yang ditulis Man :

ti mimiti gumelar ka alam duniaaaaaaa

rumasa kuring rumasa ngan saukur jadi ririwit

nu ngarurujiiiiiiit saukur nyusahkeun eumaaaaaaa

saumur nyunyuhun hulu tiker letik di inuman ci nyusu

rumasa ges gede ngumbar nafsu

kiwari jadi kalangsuuuuuu

hampura kuring ngalacurkeun euma

hampura kuring ngiihan maaa

hampura kuring ngarusak maaa

hampura kuring ngarusak kanu jadi maaa

hampuraaaaaaa

hampuraaaaaaa

hampuraaaaaaa

Sinopsis klip by Kapten Jek & Mr. Fajar :

SEMANGAT DI DUNIA SEKARAT

Nampak suasana alam Cihampelas yang telah usang. Puing–puing kolam renang yang hampir kering, beton–beton sisa bangunan yang runtuh berserakan, dan puntung–puntung rumpun bambu yang sudah hangus di bakar emosi Mr. X. Yang tersisa hanya sebuah celempung indung yang hampir hangus yang tergeletak di antara puntung bambu.

Datanglah seseorang yang mengambil celempung tersebut, lalu ia memainkannya di tempat itu. Dentuman suara celempung tersebut ternyata mengundang seseorang untuk memainkan celempung secara bersamaan. Keduanya pun bermain celempung.

Dari kejauhan Nampak yang sedang memainkan karinding dan toleat. Di hadapannya, Nampak dua orang gadis yang sedang menari – nari. Kemudian datanglah seorang pemuda yang menyanyikan sebuah lagu. Kedua penari itu menari bak dua kubu yang sedang berperang. Gerakan – gerakan, dan raut wajahnya sangatlah bertolak belakang satu sama lain. Salah seorang penari, Nampak arogan dan angkuh dengan gerakan, kostum dan property yang ia kenakan. Sedangkan penari lainnya Nampak terluka dan bersedih dengan raut yang murung dan gemulai yang melunglai.

Di sisi lain, tujuh orang pemuda terlihat tetap semangat dengan kegiatannya masing – masing. Meskipun dengan pakaian yang lusuh berdebu, kotor, sobek, dan dengan atmosfir yang hancur, namun hal tersebut tidak menggoyahkan niat mereka untuk tetap menyuarakan nyanyian keprihatinan untuk bumi yang sekarat.

Namun pada akhirnya, gadis yang menari arogan celaka dengan perbuatannya sendiri, kakinya terjepit puing – puing bangunan. Dia meronta – ronta meminta pertolongan kepada sekelompok pemuda, namun kelompok pemuda tidak memperdulikannya, dan mereka pun meninggalkannya. Penari yang baik hati hendak menolongnya, ia sempat mengulurkan tangannya, namun penari itu di tarik oleh seseorang. Gadis arogan itu tetap tersiksa dengan keadaannya.

13 Juni

Minggu pagi jam setengah tujuh chat sama Neng Ilva the koreografer :

drinkim_beam: wilujeng enjing neneng

shakun_rior: waaaaaaaaaaaaaaaaaaa

shakun_rior: ada kimung ada kimung

shakun_rior: wkwkwkwkkwk

shakun_rior: kims

shakun_rior: eke sudah kirim imel tea yaaaaaaaaaaa

drinkim_beam: imel apa?

drinkim_beam: ga ada imel dr shakun ahh

shakun_rior: ach

shakun_rior: cobi saya cekk ya

shakun_rior: btw yg buat script v-clip kalian saha?

drinkim_beam: hmmm mang jaka

drinkim_beam: da kru dr unikom

drinkim_beam: kmrn pd ngumpul di cr da

drinkim_beam: tp ak ga ikut uuyy

shakun_rior: iya kmrn si kami tdk hadir

shakun_rior: ach

shakun_rior: km pun tak hadir

shakun_rior: bagaimana ini

drinkim_beam: hheuu iyaa,

drinkim_beam: tp konsep tarian udh adakah?

drinkim_beam: kl tmpt ak lg cb di GGM

drinkim_beam: gpp yah?

shakun_rior: tempat apa pak ?

shakun_rior: nah, saya hari ini mau jumpa sama guru tari tradisi ku dulu

shakun_rior: soalnya va blm brani kl bikin koreo tari tradisi, beurat uy, soalnya tarian itu kan ada cerita dan asal usulna

shakun_rior: kl soal tempat latian mah gampil, saya sudah ada sendiri da

drinkim_beam: oww sipsip neng ^^

drinkim_beam: tp tariannya jg ga usah tradisi2 bgt da

drinkim_beam: lbh ke teatrikal neng

drinkim_beam: hmmm ni ada video klip yg pol

drinkim_beam: http://www.youtube.com/watch?v=8Jpw3vdlFrw

drinkim_beam: ak suka tariannya

shakun_rior: sumuhun, kmrn tee udah ngobrol ama si kang man, akyu mau pake konsep mirror

shakun_rior: mana mana

drinkim_beam: tuh di atas

drinkim_beam: world wide suicide dr pearl jam

drinkim_beam: tariannya lebih ke tarian galau gtuu

drinkim_beam: teatrikal tp hheuu

drinkim_beam: world wide suicide jg gtu

drinkim_beam: dr tarian jalanan tp ada objek yg dia jaga

drinkim_beam: ya si bola dunia kecilnya itu

drinkim_beam: kt aku sih sgt bertenaga

drinkim_beam: skaligus sgt teatrikal gtu tarian si WWS teh hheuu

shakun_rior: ahahahaa

shakun_rior: tari galaauuu

shakun_rior: iya

shakun_rior: kebayang

drinkim_beam: tp i trust on you neng

drinkim_beam: ya the best!

drinkim_beam: tarian galau.. awas anjing galaww hahahahaha

shakun_rior: duh

shakun_rior: deg2an

shakun_rior: bikin u kawan2ku ini

shakun_rior: moal moal,ayeuna mah udha gak galau!

drinkim_beam: hahahaaa yaa yaaa i see hihihii…

drinkim_beam: tenang neng hajar ajh

drinkim_beam: udh ad konsep tariannya..?

shakun_rior: Insya alo , nu ter d best

shakun_rior: iya, ingin nya mirror

shakun_rior: kan di scriptnya si penari ky berperang nya

shakun_rior: dgn beda mimik

shakun_rior: kl akyu ingin ada property selendang ato kain nyungkeun ka saha si mung ?

drinkim_beam: hmmm ntar disediain,

drinkim_beam: selendang kmh?

shakun_rior: jadi si selendang diibaratkan gaia/bumi yg ingin terus dijaga

shakun_rior: dijaga dengan keras ( karakter penari 1 yg garang) vs dijaga dgn kelembutan (karakter penari 2 yg lembut )

shakun_rior: si para penjaga gaia ini sebel sama manusia2 yg merusak alam, si penari 1 udah gak percaya sama manusia…jd dia pgn ngembaliin indahnya alam dgn cara dia y/ dgn ngehancurin alam biar manusa binasa

shakun_rior: tp si penari 2 masi percaya masi ada manusa yg bisa dipercaya

shakun_rior: nah hubungannya ama kalian sebagai talent

shakun_rior: si penari 2 ingin hancurin karatt sbg wakil manusa

shakun_rior: si penari 2 ingin tetep percaya sama karatt sbg wakil manusa

shakun_rior: jadi keliatannya penari 1 dan 2 berperang

shakun_rior: tp akhirnya ketika sun rise

shakun_rior: karatt lewat lagu ( inginnya suling si jimbot ) yg menyadarkan penari 1

shakun_rior: bahwa masih ada harapan buat manusa u sayang sama alam

shakun_rior: akhirnya laun2 si penari 1 pupus ikut pergi ama gelap

shakun_rior: si penari 2 melebur ama karatt

shakun_rior: gittttttttttttuuuuuuuu

shakun_rior: gmn gmn ?????

shakun_rior: si kami nyambung2in juga sama storyboard yg dibuat mang jaka

Pesan terakhir diterima pada 6/13 pukul 7:17 AM

drinkim_beam: wow thats cool concept neng hheuu

drinkim_beam: pol poll

drinkim_beam: hmmm kpn atu qt bs ngumpul bareng..?

drinkim_beam: selasa malem bs di cr?

shakun_rior: heheheh

shakun_rior: nah eta

shakun_rior: aku mu minta tulung ibu guruku dulu

shakun_rior: wkwkwkwk

shakun_rior: eh sls malam bukan latian di gim ?

dan seterusnya dans eterusnyaaaaa hihihiii….

Hummmm setelah berkonsultasi dengan Nyi Roro Kidul, ternyata tabungan lagulagu si Karat sudah banyak bo. Check it!

  1. Hampura Ma
  2. Hampura Ma II
  3. Yaro Tahes
  4. Wasit Kehed
  5. Lagu Perang
  6. Kawih Pati
  7. Burial Buncelik
  8. Dadangos Bagong
  9. Ririwa Di Mana-mana
  10. Sia-sia Asa Aing
  11. Nu Ngora Nu Nyekel Kontrol
  12. Maap Kami Tidak Tertarik Pada Politik Kekuasaan
  13. Kelas Rakyat
  14. Mardak
  15. Dying Fetus Man Version
  16. One Love Song
  17. The Song of Freedom (Redemption Song) by Bob Marley

Kolaborasi :

  1. Papalidan, kolaborasi dengan seniman koto Jepang, dokumetasi foto Commonroom
  2. Secret Garden, kolaborasi dengan Good Bye Lennin, Leifenhoft, dan Polyester Embassy, dokumentasi Elang Eby & Gimmick Ent.
  3. New York, kolaborasi dengan Beat Box, dokumentasi Bandung TV
  4. Unnamed, kolaborasi dengan Europe in de Troppen
  5. Eye Feels Six, kolaborasi dengan band hiphop Eye Feels Six, dokumentasi Ziggy Wigie STV
  6. Tiga Titik Hitam, kolaborasi dengan Burgerkill & Andy Fadli, dokumentasi MTV Studio
  7. Lukisan Karat, kolabrorasi dengan Tisna Sanjaya, dokumentasi lukisan Karat
  8. Lagu Susu, kolaborasi dengan Elisa Brewis, dokumetasi live perform video by Kapten Jek

15 Juni, Karat Session di Commonroom, persiapan klip dan fiks lagu-lagu MAAP KAMI TIDAK TERTARIK PADA POLITIK KEKUASAAN dan lagu DYING VETUS!!!

Malam ini lumayan ramai. Karat yang hadir cuma Hendra, Okid, Jawis, Kimung, dan Mang Utun. Kru dari Unikom sudah hadir beserta Andra juga Mama Andra yang baiikk skalii. Ada beberapa agenda untuk dibahas : rencana penggarapan klip, membicarakan evaluasi Karat, dan kemungkinan merilis promo demo live beberapa lagu Karat dalam bentuk CD.

Agenda pertama berjalan lancer ketika Ilva malam itu datang dan berbagi rencana koreografi tarian untuk klip karat. Agendanya Kamis, Jumat, dan Sabtu seluruh kru film, model, dan talents akan kembali berkumpul untuk membicarakan lebih lanjut. Konsep tarian dan storyboard sudah dishare tinggal proses reading dan persiapan lainnya. Ayooo semangat!!!

Malam itu empat Karat menggarap lagu MAAP KAMI TIDAK TERTARIK PADA POLITIK KEKUASAAN dan lagu ciptaan Man yang terinspirasi Dying Fetus. Dua lagu ini sudah fiks kerangkanya, tinggal dibagi ke Karat yang lain dan ditata ulang sesuai komposisi masing-masing personil dan waditra. Dua lagu ini membawa aura positif untuk perbendahaan lagu-lagu Karat. Tinggal empat lagu yang belum tergarap dengan baik yaitu Ririwa Di Mana-Mana, Sia-Sia Asa Aing, Nu Ngora Nu Nyekel Kontrol, Kelas Rakyat, dan Mardak.

Semoga semua memberikan hasil yang positip… Amiin…

16 juni

Magrib2 chat sm Andra :

andra_barker182 : Apanan sama kang jack teh satu komunitas videography..      18:38

Di unikom namanya ‘rolltime’..ak gabung sama mreka..  18:39

Makanya kata ank2 teh pas mreka mau buat video klip karat,si kang man blg ke mereka mdel cewenya cobain andra..                18:39

Pas nanya andra mana..katanya andra stv..langsung pada gakgak..           18:39

Ceunah si andra deui,andra deui panggihna..haha            18:40

drinkim_beam : hahahahahaaaa              18:40

tuda sypa lg meureuns hihii  18:41

kita jg duu lsg kepikirannya neng da hahaha 18:41

trus kapten jek lsg ngajakin neng? 18:41

andra_barker182 : Si fajar yg blg,katany udh ad kbr dr kang man blm mslh video klip..      18:42

Ak blg blom..trs katanya,yaudah tggu aja kabar dr kang man..da mu mnt andra buat video klip karat skalian buat tgas akhirnya kang jek…         18:42

Dh gitu,kang man deh sms..bgitu..           18:43

drinkim_beam : hihihii, 18:44

man bilang ap pas waktu itu?      18:44

si karat sih udh sepakat bgt hrs andra hahahaha                18:45

andra_barker182 : dia teh abis ntn zgwg,trs sms ak,jd keingetan mu mnt tlg bantuin dlm pmbuatan v.klip karat..katanya ada yg mu buatin v.klip karat..            18:46

Trs aku blg,da itu teh yg mu buat tuh tmen2 aku juga..   18:46

Haha..dunia teh kecil yah..           18:46

Huaahahaha..iya gtu??  18:47

drinkim_beam : hahahahaaa yaaaa 18:47

trs knp mau sih neng?    18:47

Stopp hheuu… Terusannya rahasia wekekeekkkk just wait and see in buku Panceg Dina Galur, Ujungberung Rebels yg lg disiapin Kimung hihihihiii… Yg jelas Kimung ngasi bocoran kl Andra sgt ingin blajar celempung. Andra jg punya basic drum dan seneng alat musik pukul memukul semcam tinju boxer karate etc hihihi.

Well well hayuuu nabeh neng!!!

17 Juni, Latihan tari Andra & Kate difasilitasi Ilva dan Ibu Guru tarinya Ilva di gedung Indonesia Menggugat

Latihannya rahasia hahahaha… Jawis & Fajar yang datang dan mendokumentasikan cuplikan tarian yang dilatihankan oleh Ilva dan Andra. Tadinya Kimung juga mau datang tp ga jadi krn tnyata hrs rapat persiapan workshop kamera lubang jarum Bandung Oral History.

Beautiful dances ^^

Malamnya, Okid, Jawis, Man, dan Kimung ketemu sama panitia Sunda Metal GDN Corp Cicalengka. Hajar gig tgl 20 Juni. Here’s the kick ass :

SUNDA METAL GDN CORP BESAT HINIS AWI JURIT, 20 JUNI 2010, FEAT : SUNDA METAL GDN CORP, BESAT HINIS AWI JURIT, 20 Juni 2010, FEAT : ANGKUNG PELAJAR – CALUNG LSN – BABAUNG MAUNG – WORKSHOP (ERMA) – KAREUEUS – MAPAH LAYUNG (UIN) – MARKIPAT KARINDING – PUNKLUNK – KELOMPOK KENDAN – GIRI KERENCENG – SADA AWI – WORKSHOP (GIRI KERENCENG) – KARINDING MILITAN – KARINDING ATTACK – KENDANG PENCA

18 Juni, Jumat Kramat : Reading Skenario Klip Hampura Ma II

SUNDA METAL GDN CORP BESAT HINIS AWI JURIT, 20 JUNI 2010, FEAT : SUNDA METAL GDN CORP, BESAT HINIS AWI JURIT, 20 Juni 2010, FEAT : ANGKUNG PELAJAR – CALUNG LSN – BABAUNG MAUNG – WORKSHOP (ERMA) – KAREUEUS – MAPAH LAYUNG (UIN) – MARKIPAT KARINDING – PUNKLUNK – KELOMPOK KENDAN – GIRI KERENCENG – SADA AWI – WORKSHOP (GIRI KERENCENG) – KARINDING MILITAN – KARINDING ATTACK – KENDANG PENCA

Bersambung Jooonnn….

10 PLAYLISTS JON 666 : Tarawangsa, Nat King Cole, Fugazi, Portishead, Nicfit, Sonic Youth, Sonic Torment, Godflesh, Dinosaur Jr., Eddie Brickell

MOVIES : Yellow Submarine (thx Dian AQ J),

BOOKS : Ecce Homo by Friedrich Nietzsche, Potrret Mbeling by Remy Sylado

QOUTES :

“SOMEWHERE IN THE PRIVATE MIND” Fugazi, Provosional

“FREE ME FROM THIS GIFT AND TAKE, FREE ME FROM THIS GREAT DEBATE” Fugazi, Promises

“Why I Write Such Good Books” Ecce Homo, F. Nietzsche

“Under these circumstances I have a duty against which my habits, even more the pride of my instincts, revolt at bottom—namely, to say: Hear me! For I am such and such a person. Above all, do not mistake me for someone else!” Ecce Homo, F. Nietzsche

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s